Kerja Keras Tapi Tidak Berkembang

Kerja Keras Tapi Tidak Berkembang

Posting : 11 Nov 2015
Kerja Keras Tapi Tidak Berkembang

Tak Cukup Dengan Kerja Keras

Banyak orang yang terus kerja keras setiap hari, namun dia tidak berkembang. Dia bekerja di sebuah perusahaan, bisa bertahan pun sudah bagus, bahkan dia harus kerja keras hanya untuk bertahan. Namun setelah sekian tahun, jabatannya tidak juga naik. Kalau pun gaji naik, hanya naik tahunan yang besarnya hanya mengimbangi inflasi.

Ada juga, yang kerja keras berdagang atau berbisnis. Dari dulu, usahanya begitu-begitu saja. Penghasilannya tidak berjembang, usahanya tidak nambah maju. Bahkan sekedar untuk mendapatkan untung setiap hari pun harus kerja keras.

Sementara, ada orang yang belum begitu lama bekerja, jabatannya cepat naik. Kalau pun dia pindah kerja, mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dibandingkan dengan pekerjaan sebelumnya. Begitu juga, ada seorang penjual bakmi, kemudian punya dua gerobak, 3 gerobak, bahkan sampai ratusan gerobak. Dia berubah dari seorang penjual bakmi menjadi juragan bakmi.

Apa yang membedakannya? Mereka sama-sama kerja keras, tetapi memberikan hasil yang berbeda.

Ya, mungkin, bagi Anda yang pernah mendengar istilah kerja cerdas, Anda akan berteriak mengatakan bahwa kita juga harus kerja cerdas selain kerja keras. Pertanyaanya, apa itu kerja cerdas dan bagaimana caranya agar bisa kerja cerdas?

Kerja Keras + Kerja Cerdas

Saya setuju, jika Anda ingin berkembang, maka selain Anda kerja keras, Anda harus kerja cerdas juga. Tidak salah satu, harus keduanya. Kerja keras saja tidak akan menjadikan Anda berkembang, kerja cerdas saja akan menjadikan Anda kalah oleh orang lain yang memiliki keduanya. Silahkan baca artikel sebelumnya: Kerja Keras atau Kerja Cerdas

Kerja Keras Adalah…

Kerja keras adalah saat Anda bekerja mengoptimalkan semua kekuatan fisik dan waktu yang Anda miliki untuk bekerja. Jika dilihat definisi sederhana ini, saya melihat banyak orang Indonesia, saudara-saudara kita yang merupakan pekerja keras. Bahkan kegigihan mereka dalam bekerja membuat saya salut.

Artinya, meski banyak yang malas, masih ada saudara kita yang selalu banting tulang, kerja keras untuk menghidupi keluarganya bahkan kerja keras juga agar bisa menyekolahkan anaknya ke pendidikan yang lebih tinggi. Mereka bangun pagi-pagi sekali dan pulang malam bekerja keras demi keluarganya. Ini adalah gambaran, bahwa sebenarnya banyak yang memiliki potensi maju.

Namun, seperti dijelaskan diatas, bahwa kerja keras saja tidak cukup. Apalagi yang tidak mau kerja keras, parah dech.

Kerja Keras Membutuhkan Energi

Agar Anda bisa kerja keras, Anda membutuhkan energi yang memadai. Pada dasarnya, tubuh manusia akan sanggup untuk bekerja keras, dengan kerja keras luar biasa. Syaratnya ialah memiliki tubuh yang sehat. Untuk itulah agar Anda bisa terus bekerja keras, dalam rangka beribadah dan juga untuk orang-orang yang Anda sayangi, maka Anda harus menjaga kesehatan Anda. Makan yang bergizi, rajin olah raga, tidak merokok, tidak bergadang, dan istirahat yang cukup.

Tingkatkan Juga Motivasi Anda

Ternyata bukan hanya kesehatan fisik yang diperlukan, agar bisa kerja keras, kita harus memiliki kekuatan mental juga. Banyak orang yang yang badannya sehat dan kekar, tetapi malas, tidak mau bekerja keras karena motivasinya kurang. Untuk itu, kita harus terus meningkatkan dan menjaga motivasi kita. Silahkan miliki video Instant Motivation Weapon untuk meningkatkan dan menjaga motivasi Anda.

Kerja Cerdas Adalah…

Satu definisi kerja cerdas sudah saya bahas pada artikel Kerja Keras atau Kerja Cerdas, yaitu orang yang mampu memanfaatkan potensinya dengan prinsip daya ungkit. Seorang penjual bakmi, menjadikan gerobak yang dia miliki sebagai daya ungkit untuk mendapatkan gerobak yang kedua dan seterusnya.

Kerja cerdas juga adalah orang yang memiliki kecerdasan untuk memilih pekerjaan mana yang akan menghasilkan dan pekerjaan mana yang kurang menghasilkan. Menurut hukum pareto, 80% hasil didapatkan dari 20% pekerjaan. Orang yang kerja cerdas akan mampu memilih 20% pekerjaan terbaiknya. Jika Anda mampu melakukan hal ini, produktivitas Anda akan naik sampai 400% atau 4 kali lipat. Silahkan baca artikel saya sebelumnya: Produktivitas 4 Kali Lipat

Kerja cerdas juga adalah cerdas menghasilkan ide brilian yang bisa digunakan untuk mengatasi masalahnya dan menghasilkan ide brilian untuk kemajuan bisnis dan karirnya. Dia tidak terpaku dengan satu cara saja, tidak cepat menyerah karena bingung, tidak atau berhenti meski tidak tahu apa yang harus dilakukan. Dia terus memikirkan bagaimana menghasilkan ide brilian untuk kehidupannya.

Sampai saat ini ada 3 kualitas diri jika Anda ingin bekerja cerdas, yaitu cerdas menggunakan daya ungkit, cerdas mengelola pekerjaan, dan cerdas menghasilkan ide brilian. Masih ada kualitas lain? Tunggu saja pada artikel selanjutnya. Untuk saat ini, Anda bisa miliki ketiga kualitas ini dulu.

Kesimpulan

Kerja keras saja tidak cukup. Artikel ini menjelaskan bagaimana pentingnya pengembangan diri, tidak hanya bekerja keras. Anda harus menjadi pribadi yang lebih baik, untuk mendapatkan yang lebih baik.

Jika Anda merasa sudah kerja keras, namun tidak juga berkembang, tidak juga maju, atau Anda menghabiskan waktu untuk mengatasi masalah, maka selain kerja keras, Anda harus kerja cerdas juga.



Lowongan Kerja Terbaru


Lowongan Kerja PT. HOLIAWISATA INDAH (MNC TRAVEL) Senior Ticketing
PT. HOLIAWISATA INDAH (MNC TRAVEL)
Male/Female, with age max. 35 years old Graduate SMIP/D3, preferable from ...
Lowongan Kerja PT Hasta Marga Sarana Sales Marketing (Cengkareng Barat)
PT Hasta Marga Sarana
Minimal SMK Memiliki pengalaman di marketing minimal 1 thn Memiliki kendaraan sendiri ...
Lowongan Kerja PT Hasta Marga Sarana Sales Marketing (Pluit)
PT Hasta Marga Sarana
Minimal SMK Pria/wanita usia maksimal 35 thn Pengalaman marketing minimal 1 thn Memiliki ...
Lowongan Kerja PT. VISTA MANDIRI GEMILANG Admin PPIC
PT. VISTA MANDIRI GEMILANG
Wanita Usia 20 sd 28 SMA / Sederajat Fresh Gradutes / Pengalaman sebagai ...
Lowongan Kerja PT Hasta Marga Sarana Accounting Staff (Cengkareng Barat)
PT Hasta Marga Sarana
Min D3 accounting/finance Wanita, usia maksimal 35 thn Memiliki pengalaman kerja minimal ...




MOBILE VERSION
Tentang Kami | Kontak Kami | FAQ Pencari Kerja | FAQ Perusahaan
Polis Kerahasiaan | Syarat & Ketentuan Perusahaan | Syarat & Ketentuan Pencari Kerja
Site Map | RSS
Copyright © 2005-2016 Jobindo

Masuk ke panel admin untuk Perusahaan & Pencari Kerja

Lupa kata sandi?



Belum punya akun ?